Powered by Blogger.

Search

cara membuat antena penguat sinyal modem ( YAG I)

Beberapa bulan ini saya dibuat pusing dengan kualitas provider jaringan dimana telkomsel yang selama ini menjadi andalan karena dapat sinyal 3G/CDMA namun kini kecepatan downloadnya jauh menurun dengan maksimal 18 kbps jika telah habis kuota.

Hal ini tentunya membuat saya harus putar otak agar terus bisa internetan dengan kecepatan download yang tinggi. Alternatif yang terpikir saat itu adalah dengan menggunakan open VPN, namun setelah searching di forum jual open VPN ternyata untuk si merah tidak tersedia dan hanya XL serta Three yang banyak dijual, Namun ternyata sinyal XL di daerah saya hanya mampu mendapat 0 bar untuk 3G/CDMA.

Setelah beberapa hari searching dengan tetap empot-empotan membuat artikel di beberapa blog akhirnya saya dapat ide dengan tetap memakai XL namun harus membuat antena yagi. Yups, selama ini Antena Yagi dikenal sebagai salah satu cara untuk memperkuat sinyal modem. Simak berikut tips bagaimana Cara Membuat Antena Yagi seperti dikutip dari oprekzone.com dan jeparaiptek.blogspot.com

Cara Membuat Antena Yagi Untuk Memperkuat Sinyal Modem


Bahan untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi :
  • Batang alumunium persegi ukuran 1-cm x 2-cm panjang sekitar 100-cm berfungsi sebagai Boom
  • Kawat kuningan diameter 2,5-mm secukupnya. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi. Kawat ini biasa digunakan untuk bahan Las dan Anda dapat membelinya di toko-besi
  • Kotak sambungan kabel Telepon. Kotak ini berfungsi sebagai tempat Driven dan penyambungan Kabel Coaxial
  • Manik-manik Isolator Transistor berfungsi untuk mengisolasi/memisahkan antara kawat elemen dan Boom Alumunium supaya tidak ada hubungan secara mekanik dan elektrik
  • Kabel Coaxial 50-ohm atau 75-ohm sepanjang 10-m s/d 15-m
  • Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM
  • Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga
  • Isolasi secukupnya
  • Lem Bakar secukupnya
  • Lem G atau Alteco secukupnya
Peralatan untuk Membuat Antena Yagi :
Bor, Solder, Gergaji Besi, Tang Potong dan peralatan penunjang lainnya

Cara Membuat Antena Yagi : 
Dari Oprek Zone dan Jepara Iptek saya mendapatkan skema pembuatan antena yagi, walaupun hanya diberi berbentuk gambar namun cukup untuk berimajinasi membuat antena Yagi seperti di gambar :


Cara Membuat Antena Yagi Sederhana
Cara Membuat Antena Yagi Modem
Klik Gambar untuk memperlihat gambar lebih jelas

Bagi sobat yang memakai jaringan GSM Telkomsel atau yang lain maka antena yang dipakai adalah yang 1900 MHZ seperti Skema yang dapat di download di bawah ini :

Gambar Antena Yagi :
Kumparan Induksi yang akan dililit ke Modem :

Contoh Pemasangan Kumparan Induksi pada Modem :
Antara percaya dan tidak percaya akhirnya sinyal internet yang semula hanya 0 bar dan kadang 1 bar kini bisa mencapai 3 sampai 4 bar. 
Hasil Pengujian :
  • Tanpa Induksi Antena :
  • Setelah dipasang Kumparan Induksi :

Demikianlah tips cara membuat antena yagi sederhana. Semoga bermamfaat dan memberi inspirasi.

Sumber : klik di sini
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori antena penguat sinyal / informasi / tips dan trick dengan judul cara membuat antena penguat sinyal modem ( YAG I). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://boy-lozarang.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-antena-penguat-sinyal.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: wahidin - Saturday, April 6, 2013

Belum ada komentar untuk "cara membuat antena penguat sinyal modem ( YAG I)"

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets