Powered by Blogger.

Search

pengertian WAN ( Wide Area Network ) dalam jaringan

Asalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan yang baik ini saya akan sedikit mengulas Materi TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) Tentang " Pengertian dan Perangkat Wide Area Network (WAN) Dalam Jaringan ". Seperti biasa saya ambil materi ini dari buku yang saya pelajari. Unutk itu langsung saja ke materiinya yup.... Cekidot.
Pengertian dan Perangkat Wide Area Network ( WAN )Dalam Jaringan
 Wide Area Network (WAN)
Arti WAN sendiri adalah Sekumpulan LAN -LAN (Local Area Network) yang saling terhubung melalui jalur komunikasi dari service provider. untuk lebih jelasnya silahkan kalian menuju ke artikel mengenai Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya yang duah saya bahas pada kesempatan yang lalu.
Terdapat begitu banyak pilihan yang tersedia untuk mengimplementasikan WAN yang bisa di bedakan berdasarkan teknologi, kecepatan dan biaya yang di butuhkan.  Satu perbedaan utama antara LAN dan WAN adalah organisai harus berlanganan kepada penyedia jaringan dari perusahaan penyedia jaringan yang sudah ada.
Sebuah WAN mengunakan jalur data untuk membawa data menuju ke internet dan menghubungkan lokasi-lokasi perusahaan yang terpisah. Telepon dan layanan data yang paling banyak di gunakan pada WAN. Perangkat pada pelanggan disebut CPE (Customer Premises Equipment). Pelanggan memiliki sendiri atau menyewa dari Service Provider. kabel tembaga, serat optik atau wireless yang di gunakan untuk menghubungkan CPE ke Central Provider terdekat atau ke kantor pusat dari Service Provider, media ini sering di sebut dengan Local Loop.
Pengertian dan Perangkat Wide Area Network ( WAN )Dalam Jaringan
Perangkat yang meletakan data Local Loop di sebut DCE ( Data Circuit-terminating Equipment). Perangkat pelangan yang melewati data ke DCE di sebut dengan DTE (Data Terminal Equipment). Jalur WAN menyediakan berbagai macam kecepatan data yang di ukur dalam satuan Kilo Bits Per Second (Kbps).
Wan menghubungkan beberapa LAN melalui Jalur Komunikasi dari Service Provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa lengsung di masukan ke LAN maka di perlukan beberapa perangkat Interfaces. Perangkat -perangkat tersebut antara lain sebagai berikut :
A. Router
Pengertian dan Perangkat Wide Area Network ( WAN )Dalam Jaringan
LAN mengirimkan data ke Router, kemudian router akan menganalisia berdasarkan informasi alamat pada layer 3. Kemudian router akan meneruskan data tersebut ke Interfaces WAN yang sesuai berdasarkan Routing Table yang dimilikinya. Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan juga dapat berpastisipasi dalam manajement Jaringan Komputer. Router mengatur jaringan dengan menyediakan Kontrol dinamis memalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain Konektivitas, Performansi yang Reliabel, Kontrol Manajemen dan Fleksibilitas.
B. CSU/DSU
Pengertian dan Perangkat Wide Area Network ( WAN )Dalam Jaringan
Jalur komunikasi menbutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untuk jalur digital, sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU) di butuhkan . Keduannya sering di gabungkan menjadi sebuah perangkat yang di sebut CSU/DSU.
C. Modem
Pengertian dan Perangkat Wide Area Network ( WAN )Dalam Jaringan
Modem adalah sebuah perangkat di butuhkan untuk mempersiapkan data untuk Tranmisi melalui Local Loop. Modem  dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog di bandingkan digital. Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan Memodulasi dan Demodulasi Sinyal. Sinyal digital di tumpangkan ke sinyal suara analog yang di modulasi untuk si tranmisikan. Pada sisi penerima sinyal anlog di kembalikan menjadi Sinyal atau Demodulais.

D. Comunication Server
Pengertian dan Perangkat Wide Area Network ( WAN )Dalam Jaringan
Comunication Server mengkonsentrasikan Komunikasi penggunaan Dial-In dan Remote Akes ke LAN. Comunication Server memiliki beberapa Interfaces Analog dan Digital serta mampu melayani beberpa User Sekaligus.
Demikian apa yang bisa saya sampaikan Mengenai Pengertian dan Perangkat Wide Area Network ( WAN )Dalam Jaringan, Mohon Maaf bila ada Tutur kata yng mungkin kurang berkenan di hati kalian. Akhir kata Termiakasih Wasalamualaikum Wr Wb. Kita ketemu lagi di posting yang selanjutnya.
thank's to : Ariflaw Blog ---- Semoga Bermanfaat ^_^
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori informasi / komputer / tkj dengan judul pengertian WAN ( Wide Area Network ) dalam jaringan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://boy-lozarang.blogspot.com/2013/04/pengertian-wan-wide-area-network-dalam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: wahidin - Wednesday, April 10, 2013

Belum ada komentar untuk "pengertian WAN ( Wide Area Network ) dalam jaringan"

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets