Powered by Blogger.

Search

tips memilih kompor untuk berpetualang di alam bebas

Kompor adalah salah satu barang penting yang harus ada dalam kegiatan petualangan seperti pendakian gunung. Kegunaan kompor adalah untuk memasak dan bahkan juga bisa di gunakan sebagai pemanas badan sementara. dan anda harus tau apa kompor yang akan anda gunakan lesama anda berpetualang di alam bebas. apakah anda mau membawa kompor gas saat anda mendaki gunung??..tentu konyol bukan .., untuk itu saya buat artikel ini untuk pengetahuan anda agar anda dapat memilih kompor yang cocok untuk petualangan anda...

 berikut ini jenis kompor untuk petualangan yang sebaiknya Anda tahu.

1. KOMPOR GAS BUTANA
Kompor ini menghasilkan api biru yang baik sehingga makanan cepat masak dan tidak menyebabkan panci berkerak atau menghitam.


www.belantaraindonesia.org

Tetapi mudah sekali bocor apabila kepanasan, diperlukan pengemasan yang hati - hati dalam membawanya. Selain itu harga lebih mahal tetapi efektif untuk perjalanan pendek.

2. KOMPOR MINYAK TANAH
Kompor ini baik sekali untuk melakukan perjalanan yang lama dengan rombongan besar, karena penggunaannya lebih hemat dan lebih aman.

www.belantaraindonesia.org

Api yang di gunakan lama untuk memasak, sehingga menyebabkan panci hitam dan berkerak. Dan juga sulit dalam pengepakannya. dan perlu di perhatikan juga saat pengepakan pastikan didalam kompor tidak ada minyak tanah didalamnya.....

3. KOMPOR PARAFIN

www.belantaraindonesia.org

Kompor ini praktis dalam pengemasannya dan biasa di gunakan para tentara saat bertempur sehingga bisa digunakan di segala medan. Biasanya di gunakan sebagai cadangan apabila bahan bakar yang lain habis.

4. KOMPOR SPIRITUS CAIR

www.belantaraindonesia.org

Kompor ini bisa di gunakan memasak di dalam tenda saat cuaca hujan. Tetapi api yang di hasilkan kurang maksimal, dan biasanya hanya di gunakan untuk menghangatkan makanan.

Pastikan sebelum Anda berangkat untuk mengetes setiap peralatan kompor berfungsi dengan baik, sehingga perjalanan petualangan Anda tidak sia - sia.
mungkin itu saja tips yang bisa saya bagikan. terima kasih buat belantara indonesia atas tips nya....
kurang dan lebihnya mohon maaf....

TERIMA KASIH!!!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori pecinta alam / tips mendaki gunung dengan judul tips memilih kompor untuk berpetualang di alam bebas. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://boy-lozarang.blogspot.com/2013/02/tips-memilih-kompor-saat-berpetualang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: wahidin - Monday, February 18, 2013
Comments
1 Comments

1 Komentar untuk "tips memilih kompor untuk berpetualang di alam bebas"

  1. Terima kasih atas inspirasinya. Pastikan alat memasak Anda sehat agar masakan yang And buat pun terjamin bebas dari bahan kimia dan lain-lain.


    Oxone

    ReplyDelete

Blogger Wordpress Gadgets