Powered by Blogger.

Search

tips mengatasi suhu dingin saat mendaki gunung

tips-tips ini saya dapatkan dari salah satu blog gx tau saya lupa namanya, y pokoknya ada di google, terimakasih juga para blogger yang selalu berbagi informasi dalam dunia teknologi.
langsung saja Suhu ekstrem di gunung sangat berbahaya, jika kita tak pandai mengantisipasinya dengan baik. Biasanya jika kita dalam pendakian gunung, untuk sedikit meredakan rasa dingin, digunakan jaket yang tebal dan membuat api unggun.dan jangan mendaki gunung di malam hari. karena dapat membahayakan diri anda dan kemungkinan besar anda akan tersesat. karena banyaknya khasus para pendaki yang hilang karena tersesat dan tidak sedikit pula yang meninggal karena suhu yang extrem dan kekurangan makanan.....

Banyak para pendaki yang mempunyai penyakit alergi terhadap dingin, bila terkena hawa atau suhu yang dingin tubuh mereka langsung timbul bintik-bintik merah di sekujur tubuhnya. Penyakit ini sering sekali terjadi bila berada di tempat yang dingin, untuk menghilangkannya cukup oleskan minyak kayu putih atau sejenisnya yang bisa membuat hangat, dan sebaiknya tidak di oleskan balsam karena justru akan menambah rasa dingin tersebut, kebanyakan balsam mengandung zat menthol yang mempunyai efek dingin.

Berikut tips-tips untuk menghadapi dan menghilangkan rasa dingin di gunung dan rimba dirangkum dari berbagai sumber:

Lakukan Aklimatisasi
Beradaptasilah dengan lingkungan di pegunungan. Proses yang disebut Aklimatisasi ini perlu dilakukan setelah tubuh merasa cocok barulah mulai mendaki.

Jaket anti air
Pakailah baju yang dapat menahan panas tubuh, Memakai jaket tebal sangat diperlukan. Sangat disarankan untuk membawa jaket yang berjenis anti air karena biasanya lapisan luarnyaterbuat dari bahan polar.

Slepping bag
Untuk mendapatkan kehangatan saat tidur, gunakanlah slepping bag. Barang ini merupakan yang paling penting untuk dibawa, karena dapat menambah kehangatan saat tidur selain dari jaket.

Jangan bawa baju bahan jeans
Bahan jeans sangat berat utnuk dibawa mendaki, jeans akan membuat Anda tambah kedinginan karena sifatnya yang bisa menyerap dingin.

Buat api unggun
sambil mendaki kumpulkan ranting pohon untuk membuat api unggun saat malam hari. Ini akan membantu menghangatkan tubuh anda

Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup dan tidak memforsir diri di luar jangkauan daya tahan tubuh, istirahat yang kurang dapat membuat kesadaran kita semakin berkurang, hal ini juga dapat berefek pada rasa dingin yang semakin menyerang.

Lakukan peregangan
Saat istirahat mendaki lakukan peregangan otot, peregangan juga membantu mengusir rasa dingin.

Berbagai Sumber

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori pecinta alam / tips mendaki gunung dengan judul tips mengatasi suhu dingin saat mendaki gunung. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://boy-lozarang.blogspot.com/2013/02/tips-mengatasi-suhu-dingin-saat-mendaki.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: wahidin - Monday, February 18, 2013
Comments
1 Comments

1 Komentar untuk "tips mengatasi suhu dingin saat mendaki gunung"

  1. Wah bermanfaat sekali nihh artikelnya, sangat membantu saya dan banyak orang. Oh iya, sekarang udah ada alat pemanas ruangan yang bakal kamu hanget dan bebas dari kedinginan loh, beli disini ya, murah dan berkualitas.

    http://alatkebunku.com/shop/pemanas-ruangan/pemanas-ruangan-tn-fg12-b11/

    Terima kasih.

    ReplyDelete

Blogger Wordpress Gadgets